<

5 Perbedaan Babysitter Dan Nanny? Tugas, Biaya

5 Perbedaan “Baby Sitter” Dan “Nanny” Serta Tugas, & Biaya!!

Banyak orang yang belum tahu bedanya antara babysitter dan nanny, karena bagi mereka kedua sama–sama merawat dan mengasuh anak. Kedua kata ini, babysitter dan nanny merupakan kata dari bahasa inggris yang artinya pengasuh. Walaupun sebenarnya jika melihat arti secara keseluruhan, kata pengasuh hanya tepat untuk kata “Nanny”.
babysitter dan nanny merupakan kata dari bahasa inggris yang artinya pengasuh. Walaupun sebenarnya jika melihat arti secara keseluruhan, kata pengasuh hanya tepat untuk kata “Nanny”.
Ilustrasi

Sementara kata “Babysitter” berarti seseorang, misalnya tetangga atau teman yang dimintai tolong menjaga anak untuk sementara waktu disaat tidak ada orang tuanya. Ini artinya, orang tersebut tidak memiliki profesi mengasuh anak.

Hanya saja, ia mau melakukannya demi membantu Anda. Tetapi pada akhirnya berubah makna menjadi profesi sebagai pengasuh. Jika dulu babysitter hanya dianggap sebagai pengasuh anak sementara waktu. Kini, seiring berkembangnya zaman babysitter memiliki tingkat kualifikasi tertentu.

Sedangkan nanny umumnya bekerja secara penuh atau paruh waktu untuk menjaga anak-anak saat orangtuanya tidak di rumah. Nanny sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu mereka yang pulang pergi atau tinggal sepenuhnya di rumah untuk menjaga anak-anak siang dan malam.

Secara garis besar, tugas seorang babysitter dan nanny agak sulit dibedakan karena memiliki tugas, fungsi dan tanggung jawab yang hampir sama. Tetapi, perbedaan dalam menjalankan tugasnya itu dilihat dari umur anak yang diasuhnya.

5 Perbedaan Antara Babysitter dan Nanny

Berikut ini adalah perbedaan antara Babysitter dengan Nanny yang harus kalian ketahui.

1. Usia Anak yang diasuh

  • Babysitter : mengasuh bayi berusia 0 – 2 tahun
  • Nanny : mengasuh balita berusia 2 – 5 tahun

2. Tugas yang dikerjakan

  • Babysitter : memiliki tugas untuk merawat dan menyediakan keperluan bayi seperti menemani bayi, memberi makan, membuat MPASI, sterilisasi botol susu, memandikan, mengganti popok dan hal lain sebagainya yang berhubungan dengan bayi
  • Nanny : membantu anak mengerjakan PR, menyiapkan anak ke sekolah, merapikan seragam sekolah, menyiapkan makanan, bahkan juga membantu tumbuh kembang sang anak. Selain bisa merawat anak, seorang nanny juga harus bisa mendidik, mengarahkan anak apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, mengajarkan baca tulis hitung, bernyanyi, dan menggambar.

3Durasi Bekerja atau Jadwal

  • Babysitter : bekerja selama waktu penyewaan jasa yang disepakati. Tidak penuh selama seminggu dan hanya akan bekerja sesuai kebutuhan keluarga yang menyewa jasanya.
  • Nanny : bekerja penuh waktu untuk sebuah keluarga yang membutuhkan jasanya. Nanny bisa bekerja 40 sampai 50 jam per minggu hanya untuk satu keluarga yang sama.

4. Edukasi dan Sertifikasi

  • Babysitter : pada umumnya hanya perlu memiliki pengetahuan dasar dalam menjaga dan mengasuh anak.
  • Nanny : harus memiliki pengalaman dan profesional dalam mengasuh anak. Nanny biasanya memiliki sertifikasi khusus di bidangnya. Bahkan beberapa di antaranya juga sudah melewati program pelatihan dalam mengasuh anak normal atau berkebutuhan khusus.

5. Besaran Gaji yang Diterima

  • Babysitter : Untuk seorang babysitter baru yang belum berpengalaman, gaji yang diberikan sekitar 1,5 juta – 2,5 juta rupiah per bulan. Sedangkan babysitter berpengalaman berkisar mulai dari 2,5 juta – 4,5 juta rupiah per bulan.
  • Nanny : Pengasuh anak yang menginap biasanya digaji 2,5 juta hingga 3,7 juta rupiah per pulan. Ini karena pengasuh anak akan menemani mulai dari si Kecil bangun tidur hingga tidur lagi. Pengasuh dengan jam kerja panjang bisa mendapatkan gaji sekitar 5 juta – 6 juta rupiah per bulan
Karena babysitter biasanya bekerja berdasarkan kebutuhan dan mendapatkan bayaran per jam, jumlah yang mereka terima dapat bervariasi sesuai dengan seberapa sering mereka bekerja, pengalaman kerja, jumlah klien, dan seberapa sulit tugas yang dilakukan.

Gaji babysitter biasanya akan lebih kecil dari bayaran seorang nanny. Hal ini ditentukan oleh kualifikasi, pengalaman, jumlah anak yang diasuh, dan lokasi tempat tinggal.

Jika Anda senang mengasuh anak, Anda mungkin mempertimbangkan untuk bekerja sebagai babysitter atau nanny. Selain gaji yang menggiurkan Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lainnya, misalnya ikut majikan pergi berlibur dan terkadang ada saja majikan yang tidak hanya memberikan hari libur tetapi juga membelikan hadiah atau ikut membelanjakan pekerjannya.

Bagi Anda yang tertarik bisa mencari INFO LOKER JAKARTA terkait lowongan pengasuh anak ini dengan keyword “Babysitter”, “Nanny”, atau “Pengasuh anak”. Info loker Jakarta menyediakan berbagai informasi lowongan pekerjaan sebagai pengasuh anak tidak hanya yang berada di Jakarta, namun beberapa daerah lainnya, seperti Bogor, Bekasi, dan sekitarnya.